Select Page
Bagikan artikel ini:

Pasar tradisional merupakan destinasi terbaik bagi para ibu rumah tangga atau mommies, karena harga yang relatif murah serta yang suka aktivitas tawar-menawar. Namun tak hanya belanja bahan pokok saja, di akhir kegiatan belanja pun pasti kita ingin mampir untuk mengisi perut entah itu makanan berat ataupun sekadar camilan yang mengugah selera. Pilihan camilan pun biasanya jatuh ke jajanan pasar tradisional yang disajikan dengan tampah, tak hanya rasanya yang unik, tekstur dan tampilan cantik pun bisa buat Anda rindu akan camilan ini.

Berikut adalah 10 rekomendasi jajanan pasar tradisional khas jawa ala Djawa Kitchen:

1. Cenil

Jajanan Pasar Cenil

Instagram: @dhiahoddie

Cenil merupakan salah satu jajanan pasar yang cantik dengan tekstur yang kenyal. Tekstur ini ada karena dibuat dengan pati singkong dan tepun kanji, yang diberi pewarna seperti merah, kuning, hijau, dan pink. Bentuknya pun beragam mulai dari memanjang seperti cendol ataupun kotak-kotak kecil. Cara penyajiannya pun, cenil biasa disajikan dengan daun pisang dengan kelapa parut dan taburan gula pasir atau siraman saus gula merah.

2. Lupis

Jajanan Pasar Lupis

Instagram: @trisulistijani.2908

Lupis, jajanan unik berbentuk segitiga ataupun bulat memanjang seperti lontong, yang terbuat dari adonan beras ketan dan dibungkus dengan daun pisang. Cara penyajiannya pun mirip seperti senil yaitu dengan parutan kelapa, dengan siraman saus gula merah. Tekstur yang kenyal dan empuk serta rasa manis gurih, bisa bikin Anda makan berkali-kali.

3. Tiwul

Jajanan Pasar Tiwul

Instagram: @dhora.kusumadewi

Tiwul adalah jajanan berbentuk butiran kecil dengan warna kecoklatan yang khas. Bahan adonannya pun adalah singkong yang dikeringan kemudian ditumbuk dan dikukus bersama dengan gula merah. Cara penyajiannya pun sederhana, yaitu tiwul diberi kelapa parut dan siraman gula merah. Berbeda penyajiannya dengan di Wonogiri dan Gunung Kidul yang tanpa gula dan dimakan seperti pengganti nasi dengan tambahan lauk.

4. Gethuk

Gethuk dapat disajikan dengan dua varian, baik versi rebus ataupun goreng. Gethuk berasal dari bahasa Jawa yang memiliki makna singkong rebus ditumbuk. Jajanan ini seringkali ditemui di Jawa Tengah ataupun Jawa Timur

Proses pembuatannya adalah singkong direbus, ditumbuk kemudian digiling hingga galus, kemudian diberi pewarna makanan dan gula. Jajanan ini bisa terhitung cukup mengenyangkan, karena tak hanya dari singkong saja, bahan utamanya pun bisa diganti dengan ketela, ubi, talas ataupun pisang, yang kaya akan karbohidrat. Meskipun dapat diganti dengan bahan lain, gethuk tersebut pasti memiliki rasa berbeda namun bentuk masih sama. Cara penyajiannya pun hanya gethuk yang sudah jadi diberi urap atau parutan kelapa yang telah di kukus di atasnya.

Sementara untuk gethuk goreng, proses pembuatanyya masih sama namun tanpa proses pewarnaan, dan langsung digoreng lalu dilapisi dengan campuran gula jawa atau gula merah untuk memberi rasa manis. Gethuk goreng sendiri adalah jajanan tradisional Jawa di Sokaraja, Banyumas, Jawa tengah. Apabila ingin dibawa pulang, gethuk ini dibungkus menggunakan besek dari anyaman bambu.

5. Ketan

Jajanan Pasar Ketan

Instagram: @anoigma

Ketan putih dan hitam seringkali kita temui di berbagai macam makanan manis. Diantaranya adalah seperti ketan susu, minuman hangat angsle, sebagai pendamping bubur kacang hijau. Ada juga ketan hitam yang dimakan bersama dengan parutan kelapa dan gula pasir.

6. Jenang Kudus

Seringkali jajanan satu ini dimiripkan dengan dodol garut, padahal jenang kudus mempunyai rasa yang tidak terlalu manis, memiliki tekstur lebih empuk dan lembut. Bahan dasar membuat jenang adalah tepung beras kentan yang dicampur gula merah, gula pasir dan wijen agar memberikan rasa gurih. Keempat bahan tadi dimasak sambil diaduk agar kental secara merata. Setelah kental, biarkan mendingin di suhu ruangan, kemudian dicetak lalu bungkus dengan plastik.

7. Wajik

Jajanan Pasar Wajik

Instagram: @vitakwee

Kue tradisional bernama wajik ini populer di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Banyak sekali jajanan yang dinamakan wajik, namun wajik kentan merupakan jenis yang paling populer. Bahan pembuatannya adalah kukusan beras ketan yang dimasak bersamaan dengan campuran gula merah dan santan. Setelah jadi, adonan dicetak dan dibentuk lalu dipotong berbentuk belah keyupat

8. Klepon

Jajanan Pasar Klepon

Instagram: @rinihasrita

Kue sempat yang sempat viral tahun 2020 merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak dinikmati dan jadi favorit. Sensasi kenyal dengan cairan gula jawa cair yang keluar saat digigit, pasti membuat Anda ketagihan. Bahan pembuatan klepon ini adalah tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau lalu dibentuk bulat-bulat kecil, dan diisi dengan gula merah di dalamnya. Setelah itu adonan direbus, dan setelah matang dibalur dengan kelapa parut.

9. Kue Putu

Jajanan Pasar Kue putu

Instagram: @niesukma_

Kue putu merupakan jajanan unik karena hanya dijual pada saat menjelang matahari terbenam hingga malam hari, dapat ditemukan apabila Anda mendengar suara khas-nya yaitu suara uap dari alat suitan yang cukup kencang dan nyaring. Bahan pembuatan kue ini adalah tepung beras butiran kasar yang telah diberi bewarna hijau atau tanpa pewarna yaitu putih kemudian dipadatkan, lalu diselingi dengan gula jawa dan dikukus dengan tabung bambu.

10. Bikang

Jajanan Pasar Bikang

Instagram: @rio_njoo87

Jajanan satu ini biasanya dijajakan atau dijual persamaan dengan kue pukis. Bikang biasa ditemukan di beberapa kota jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Surabaya, Sidoarjo, dan Malang. Warnanya yang cantik dan beranekaragam pun menambah kesan cantik dan menggiurkan, dari yang berwarna merah, hijau, bahkan cokelat.

Bentuknya pun juga menarik yaitu seperti bunga yang mekar, dengan tekstur khasnya yang terlihat berongga. Bahan untuk membuat jajanan bikang ini adalah tepung terigu, tepung beras, tepung kanji, gula pasir, santan, telur, dan pewarna makanan. Setelah merata, adonan dimasak di atas wajan yang sudah berbentuk cetakan bikang. Waktu terbaik mengonsumsi bikang ini adalah ketika masih hangat.

Sekian rekomendasi jajanan pasar tradisional ala Djawa Kitchen yang bikin rindu, karena sudah cukup sulit ditemui saat ini khususnya di kota-kota besar. Yuk, cek rekomendasi kami yang lain tentang rekomendasi makanan tradisional khas Jawa yang wajib kamu cicipi!

Sumber: Seruni.id, Food Detik, Brilicious Brilio, Bacaterus, IDN Times

Bagikan artikel ini: