Select Page
Bagikan artikel ini:

Masih banyak orang yang belum mengenal kabupaten Nganjuk. Nganjuk adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di selatan, dan Kabupaten Madiun di barat. Nganjuk mempunyai sebuah julukan yaitu Kota Angin. Dan tentu saja seperti disetiap daerah di Indonesia, makanan Khas Nganjuk memiliki cita rasa yang unik.

Tak hanya dijuluki sebagai Kota Angin, kota ini juga dikenal dengan nama Anjuk Ladang yang berarti Tanah Kemenangan. Selain itu, kabupaten berjulukan Kota Angin ini memiliki wisata alam dan budaya yang sangat beragam, di antaranya air terjun sedudo, air terjun sumber manik bukit batu songgong, candi ngetos dan masih banyak lagi. Jika anda bepergian tentu wisata kulinernya tak bisa dilewatkan begitu saja. Makanan khas Nganjuk memiliki cita rasa makanan khas Jawa yang kaya akan rempah. Makanan di Nganjuk memiliki keunikan sendiri yang tidak dapat dijumpai di daerah lain di Indonesia. Ini dia 5 makanan khas Nganjuk yang wajib kalian cicipi saat berkunjung ke Nganjuk, rekomendasi dari dapur Djawa Kitchen yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Sego Banting

sego banting khas nganjuk

Sego banting memiliki isi lauk yang sederhanan, namun sangat enak dan akan memanjakan lidah kamu. Berisikan nasi sebesar kepalan tangan orang dewasa, tahu kecap, tauge, bihun, telur dadar tepung dan sambal. Yang membuat menu ini istemewa adalah tahu masak kecap yang dicampur dengan tauge, ditambah dengan rasa pedas berasal dari sambal, membuat gairah lapar kita semakin meningkat.

Nasi pecel Bledek

nasi pecel nganjuk

Nasi pecel kerap menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat di Jawa Timur. Selain Madiun, Nganjuk memiliki nasi pecel yang melegenda dan tidak kalah enaknya. Nasi pecel Bledek khas Nganjuk ini memiliki cita rasa khas yang sedap dilidah dan membuat kita rindu untuk mencicipinya kembali. Tampilannya sederhana seperti pecel pada umumnya, yang terdiri dari nasi putih, lalu sayuran berisikan timun krai rebus, daun lamtoro, banga turi, kacang panjang, capar kacang hijau/kedelai, daun kemangi, kangkung dan bayam, disiram dengan bumbu kacang yang khas, dengan rasa yang sagat pedas membuat rasanya menjadi autentik. Tidak lupa nasi pecel bledek dapat dinikmati dengan lauk yang sangat beragam seperti telur asin, telur dadar, tempe/tahu goreng, sate telur puyuh, usus hingga ayam.

Dumbleg

dumbleg nganjuk

Jajanan khas Nganjuk satu ini sudah jarang ditemui dan hanya ditemukan dibeberapa wilayah, yaitu kecamatan Gondang dan Rejoso di Nganjuk. Dumbleg memiliki bentuk seperti lontong dan tekstur yang kenyal. Dumbleg meiliki rasa yang manis ini terbuat dari tepung beras, gula jawa dan santan, lalu dibungkus dengan pelepah pinang dengan dijahit disisi sampaing dan bagian bawahnya. Ada dua rasa Dumbleg, yaitu Dumbleg merah untuk rasa gula merah dan Dumbleg putih untuk rasa santan (gurih).

Asem-asem Kambing

asem asem kambing khas nganjuk

Makanan khas Nganjuk ini terbuat dari daging kambing yang diberi irisan daun kedondong. Rasa segar yang berasal dari daun kedondong yang dipadu dengan aroma khas daging kambing, menciptakan rasa segar yang khas. Hidangan ini sangat cocok dinikmati bersama nasi putih pada saat makan siang. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan khas Nganjuk ini karena banyak sekali yang menjual makanan khas ini saat anda mampir ke Nganjuk, terutama di daerah Nganjuk Utara.

Nasi Becek

nasi becek khas nganjuk

Ini dia makanan paling populer dan legendaris di Kota berjuluk Kota Angin ini, Nasi  Becek. Makanan ini selalu diburu oleh para wisatawan dari dalam negeri, karena rasa dan aromanya yang sangat kaya akan bumbu rempah. Memiliki kuah dengan warna kuning ditambah dengan campuran santan, membuat Nasi Becek sering dianggap sebagai Soto Daging. Namun saat dimulut, sebenarnya rasa Nasi Becek sangat beda sekali dengan Soto Daging pada umumnya. Penyajian Nasi Becek ini selalu bersama dengan sambal kacang khas Nganjuk. Selain itu, bumbu rempah Soto Daging atau Gulai Kambing terasa lebih kuat. Dan tidak lupa Nasi Becek memiliki kombinasi istimewa yang selalu disajikan bersama lauk sate kambing.

Nasi Jagung Sedudo

nasi-jagung-sedudo-nganjuk

Kuliner nasi jagung sudah menjadi ikon di lokasi wisata Air Terjun Sedudo memiliki cita rasa yang khas. Selain itu, makanan tradisional ini memang sudah dijajakan dalam waktu lama, bahkan banyak pedagangnya yang sudah bertahan selama berpuluh-puluh tahun. Cita rasa menjadi lengkap karena dapat kita nikmati bersama pemandangan cantik dari Air Terjun Sedudo dan udara pegununggan yang begitu sejuk. Menu nasi jagung berisikan seporsi nasi jagung dalam wadah pincuk daun pisang ditambah sayuran matang, sambal kelapa, ikan asin, dan rempeyek, siap memanjakan lidahmu dengan harga yang terjangkau.

Onde-onde Ketawa

onde onde ketawa khas nganjuk

Camilan khas Nganjuk satu ini terbilang unik, bisa kita lihat seperti pada namanya “Ketawa”. Onde-onde ini sangat berbeda dengan onde-onde pada umumnya. Berbeda dari onde-onde yang sering kita temui yang berbentuk bulat dan ada isian kacang, onde-onde Ketawa khas Nganjuk ini memiliki bentuk permukaan atas yang mekar seperti kue kukus kecil, mekar seperti orang ketawa dan tidak meiliki isia didalamnya.

Nah itulah 6 makanan Khas Nganjuk yang unik dan pastinya akan membuat anda rindu untuk mengunjuni Nganjuk kembali. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang makanan-makanan khas daerah di Indonesi yang sangat beragam.

 

Bagikan artikel ini: