Select Page
Bagikan artikel ini:

Wong Java House

Pernahkah kalian mendengar nama Wong Java House? Kayanya nama itu masih asing ya di telinga kita. Nih Minjaw kasih tau ya. Wong Java House adalah restoran Indonesia yang ada di Amerika Serikat. Konon katanya masyarakat AS banyak yang suka loh sama makanan Indonesia. Ko bisa? Yuk bagi yang penasaran mari kita kenalan dengan Wong Java House.

Latar Belakang Pembukaan Restoran

Wong Java House adalah restoran Indonesia yang berdiri sejak tahun 2016. Wong Java House berarti “rumah orang Jawa”. Meskipun namanya mengandung Jawa, namun menu yang disajikan di restoran tidak hanya berasal dari tanah Jawa saja. Terdapat makanan khas daerah lain yang juga termasuk di dalam menu restoran restoran ini. Wong Java House berlokasi di 1936 West Valley Blvd, Alhambra. Restoran ini dikelola oleh seorang perantau Indonesia dari Boyolali bernama Sri Miningsih Tjokrosuyono yang akrab dipanggil Mba Ning.

Mba Ning awalnya bekerja di Amerika Serikat sebagai seorang pengasuh anak. Terakhir sebelum membuka restoran, Mba Ning bekerja sebagai pengasuh anak seorang artis Hollywood. Selama bekerja di sana, rekan-rekan boss-nya kerap kali memuji masakan Mba Ning. Menurut mereka Mba Ning memiliki bakat. Mereka menyarankan Mba Ning untuk membuka restoran agar lebih banyak orang yang dapat menikmati masakan Mba Ning.

Meskipun sempat ragu-ragu, namun berkat doa kedua orangtuanya Mba Ning bertekad untuk memperbaiki kehidupannya dengan membuka restoran. Restoran ini tidak hanya terkenal di kalangan pelancong nusantara. Tetapi juga di kalangan masyarakat Amerika Serikat yang tertarik dengan masakan Indonesia. Bahkan, tidak jarang restoran ini menjadi tujuan bagi artis-artis tanah air yang sedang berlibur ke Amerika Serikat.

Masakan Indonesia yang disajikan Mba Ning tidak menggunakan MSG dan Halal. Bagi pelancong atau orang-orang yang mencari makanan halal dapat mengunjungi Wong Java House. Wong Java House juga menyediakan menu-menu spesial setiap hari/minggunya. Menu spesial ini jumlahnya terbatas, sehingga tidak selalu ada.

Saat ini menu spesial yang ditawarkan Wong Java House adalah kopi angkring, soto ayam, kare dada ayam. Kemudian ada ketoprak, combo babat goreng, ayam penyet super pedas, lontong cap gomeh, gudeg, jus sirsak dan lain-lain. Selama masa pandemi ini, restoran ini masih tetap beroperasi. Mereka menyediakan jasa pesan antar dan pemesanan secara online.

Menu Wong Java House Beragam

Menu Wong Java House

Menu yang disajikan oleh Wong Java House cukup lengkap. Makanan yang disajikan tidak hanya berasal dari Jawa saja tetapi dari berbagai daerah di Nusantara. Menu di Wong Java House terdiri dari appetizer, soup, fried rice, noodles, A la Carte, fish, rice dishes, sides, drink dan dessert.

Untuk appetizer, menu yang disajikan adalah makanan yang ringan untuk dimakan dan menggugah selera sebelum menyantap menu utama. Appetizer terdiri dari 8 menu yaitu, rujak juhi, siomay bandung, martabak telur, dan gado-gado. Kemudian ada tempe mendoan, pempek, perkendel dan sate ayam. Sama seperti appetizer, menu soup juga terdiri dari 8 menu. Restoran ini menyediakan sop buntut, tongseng kambing, gule kambing,dan sayur lodeh. Tidak ketinggalan soto betawi, sayur asem, pangsit kuah dan bakso.

Menu fried rice atau yang biasa dikenal sebagai nasi goreng terdiri dari 5 menu. Mereka menyediakan nasi goreng babat dan nasi goreng kornet. Lalu ada juga nasi goreng ayam, nasi goreng ikan asin, dan nasi goreng seafood. Tidak hanya nasi goreng, mereka juga menyediakan menu mie, yaitu Mi GM, mie goreng ayam atau sapi dan mie tek-tek ayam atau sapi. Mereka juga menyediakan bihun goreng ayam atau sapi dan kwetiaw goreng ayam atau sapi.

Menu a La Carte atau yang biasa disebut menu utama memuat banyak sekali pilihan. Untuk sayurannya mereka menyediakan kangkung balacan, toge ikan asin dan capcay (ayam, sapi atau udang). Tahu dan tempe penyet juga menjadi makanan utama karena keunikannya. Selain itu, mereka juga menyediakan telor balado,sambal goreng babat dan sambal goreng udang pete. Untuk menu ayam mereka menyediakan ayam mentega, ayam kremes wong java, ayam kalasan, dan ayam penyet. Sedangakn untuk menu daging mereka menghidangkan rendang daging dan empal gepuk.

Hidangan ikan yang tersedia di restoran ini tidak terlalu banyak. Terdapat tiga menu yaitu, ikan penyet, ikan balado dan ikan kecap. Hidangan nasi terdiri dari 5 menu yaitu, nasi rendang, nasi kuning komplit, sayur asem komplit , nasi bebek goreng dan nasi bungkus. Kamu juga dapat menambah menu tambahan seperti lontong, nasi putih dan nasi kuning.

Menu minuman yang disediakan cukup lengkap bahkan hampir sama seperti restoran-restoran yang ada di Indonesia. Ada es cendol, es durian, soda gembira dan es kelapa muda. Terdapat juga es alpukat, thai iced tea, root beer float. Tidak ketingalan teh es/panas, kopi es/panas, dan espresso. Untuk dessertnya terdapat 2 menu yaitu es teler dan es campur.

Harga Terjangkau

Wong Java House Menu

Harga yang ditawarkan oleh restoran ini cukup terjangkau. Makanannya berkisar dari $8 atau sekitar Rp. 117.936 hingga $20 atau sekitar Rp. 294.840. Meskipun menurut Mba Ning harga yang ia tawarkan cukup mahal karena masalah bahan baku. Namun, pengunjung merasa harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas makanan yang disediakan Mba Ning.

Interiornya Homie

Wong Java House Interior

Restorannya berada di pinggir jalan. Meskipun cukup kecil, akan tetapi suasanya asri. Ketika masuk ke dalam restoran kita akan disambut dengan suasana yang Jawa banget. Di dinding retoran terdapat beberapa khas Jawa seperti Wayang serta topeng-topeng khas nusantara. Interiornya berkesan sederhana tetapi nyaman seperti di rumah. Tempatnya juga bersih dan tertata rapi. Di pojok sebelah kanan terdapat kaca besar yang menghadap ke sisi satunya. Wong Java House juga menyediakan meja makan dengan kursi sofa yang sangat nyaman untuk bersantai.

 

 

Bagikan artikel ini: